Sabtu, 18 Mei 2013

Cara Jitu Mencontek


Hhmmm… Mungkin kita semua sudah tau, anak TK juga tau apa itu Men-con-tek. Kerap kali dalam ujian bahkan tes PNS-pun dilarang keras yang namanya mencontek. Tapi ya, semakin ketat aturan, semakin ketat penjagaan selalu ada aja cara yang dilakukan, siswa/i, mahasiswa/i semakin menghalalkan segala cara agar mendapat hidayah untuk mengisi jawaban. Entah itu browsing internet di smartphone yang mereka punya, menulisnya dikertas yang nantinya dilipat kecil, dipotong-potong, atau menulis dimeja, kursi bahkan dinding. Dan sayangnya, sipengawas malah lengah dan tidak ngeh dengan akal si siswa/i, yang cerdas mengibuli sipengawas saat ujian :D. Dengan tampang tak berdosa maka dilancarkanlah ritual contek-mencontek ini. Ada yang dengan gampangnya melihat jimat yang udah dipersiapkan, ada juga dengan takut-takut, gugup waktu melancarkan aksi.
Memang, kalo aksi lancar isian jawaban terisi, tapi kalo ketahuan wah wah wah, urusannya panjang. Ujian bisa gagal, setelah itu dapet malu, terus keesokan harinya kalo ujian lagi akan ditandai sama pengawas. Pengawasan semakin diperketat,terlebih untuk kita yang udah ketahuan. Ayo mau gimana lagi? Kan ga enak diperhatiin setiap gerak-gerik kita oleh pengawas, ga nyaman banget kawan. Percaya deh.
Ketimbang nyiapin strategi nyontek, mending nyiapin strategi belajar yang memiliki keuntungan lebih untuk diri sendiri. Nikmatnya nyontek itu cuma sesaat kawan. Emang sih nilai yang didapat lumayan tapi tanggung jawab nilai itu lho. Mempertanggung jawabkan nilai itu susah dan berat lho kalo ga dipahami, apalagi dengan instan mencontek. Sehabis ujian dijamin deh jawaban yang ditulis itu tadi langsung lupa, paling tahan kira-kira hari itu saja, tapi ga untuk hari-hari berikutnya. Jika ada review ujian yang telah diujiankan oleh guru ato dosen, nah itu masalahnya. Yakin kamu yang nyontek itu bisa ngejawab dengan sempurna?? Yakin?? Yakin ga?

Nah, untuk meningkatkan nilai kalian disekolah ataupun dikampus sini aku kasih sedikit tips :D
1.      Kalo mau MENCONTEK, conteklah gaya belajar temanmu yang memiliki nilai diatas rata. Misalkan cara belajarnya jika dia belajar itu sehari 2-3 jam. Kamu harus bisa lebih dari dia. Semangatin diri sendiri.
2.       Bikin kelompok diskusi atau kelompok belajar bersama teman-teman.
3.      Ajak diskusi guru, atau dosen diwaktu senggang.
4.      Bikin suasana belajar agar tidak monoton atau bersifat terlalu formal.

Itu sedikit tips dari aku. Dan empat hal diatas itu sering aku lakukan waktu menjadi mahasiswa aktif dan sampai sekarang. Masih sering diskusi bersama junior ataupun teman-teman sejawat. Seru banget. Ga pake yang namanya nyontek yang bikin suasana tegang, lebih tegang ketimbang nonton film horror :D Dengan begitu insyaallah jika semakin sering kita mengkaji, diskusi tentang suatu hal ataupun topic maka semakin tinggi pemahaman kita tentang hal tersebut.
Sekian, ^_^

34 komentar:

  1. pada akhirnya tips belajar ya :D setuju sama tips yang keempat, kalo tegang malah gak masuk-masuk materinya.

    SALAM SOLID!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam solid kembali :) Membekali diri sendiri itu penting.

      Hapus
  2. benaaaaaar... pada intinya adalah conteklah cara belajar teman bukan jawaban teman :D

    BalasHapus
  3. tanggung jawab nilai benar-benar yang harus di ingat.
    Kalau nggak bisa dibuktikan ujian sesering apapun pada akhirnya jadi nihil. Ga banyak guna....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana-mana nilai tanggung jawab itu lebih berharga dari pada sekedar juara kelas.
      Setuju??

      Hapus
  4. Betul... Mencontek yang betul itu contek kebiasaan bagus teman yang berprestasi... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh btw, link banner BSO nya diperbaiki yah jadi http://www.facebook.com/groups/bso.official

      :D

      Hapus
    2. ya, agar kita ikut berprestasi juga.
      Thanks untuk info bannernya :D

      Hapus
  5. melihat gaya belajar teman yang berprestasi, salah satu tips mencontek yang sangat kerenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau mencontoh itu yang baik :D
      Dan menghasilkan sesuatu yang baik pula untuk kita. Setuju?

      Hapus
  6. yang nomor dua, aku juga entah kenapa lebih gampang paham kalo kayak gitu ketimbang belajar formal. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ^_^, lebih gampang masuknya.
      Suasanya belajar juga nyantai :D

      Hapus
  7. itu bedanya mental juara sama mental loser.

    kalo juara, pasti irinya sama temen yang pinter..
    kalo loser, irinya sama temen yg lebih banyak link buat nyontek

    wahahaha

    BalasHapus
  8. Kata yang di salah-penggunaankan menjadi contek ini merupakan budaya yang sulit untuk dipisahkan dari masyarakat, khususnya pelajar di Indonesia. Layaknya pandangan yang telah secara ekstrim menyatakan korupsi sebagai budaya Indonesia, sontek untuk ukuran calon koruptor pun rasanya tidak lebih berbahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati kalo ngomongin budaya.... Kalo didalam budaya itu ada pandangan yang bersifat relatif, bisa jadi sah-sah saja dalam suatu kelompok :D baik itu negatif ataupun positif. baik itu merugikan maupun ga.

      Hapus
  9. aku bangga kalo gak nyontek dan makin bangga kalo bisa ngajak temen2 yg lain buat gak nyontek, apalagi dapet tips belajar kayak gini :D

    salam solid (^_^)

    BalasHapus
  10. ini campaign yang luar biasa.. karena nyontek merusak kepribadian, rasa percaya diri dan kreatifitas siapapaun, maka dari itu hindarilah menyontek, apapun hasilnya tetap lebih membanggakan kalau tidak mencontek... :)

    BalasHapus
  11. pada akhirnya yah belajar..wkwkwk.. :)

    BalasHapus
  12. Ujung-ujung nya kita harus membekali diri sendiri ya.
    Salam kenal..

    BalasHapus
  13. apalagi diskusi bareng dirumah sambil rujakan, maknyosss binti seruuu. Kemanapun dan dimanapun belajar itu memang menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Mancappp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dimanapun belajar asalkan bersama teman-teman dan kita merasa fun, sampai larut malampun ga apa-apa. Ya kan??

      Hapus
  14. Berdiskusi juga merupakan konsep ringan dalam hal kita belajar mengatasi setiap persoalan, baik dibidang pelajaran maupun dalam persoalan apapun. Terimaksih atas tipsnya.

    Sukses selalu
    Salam wisata

    BalasHapus
  15. Informasi yang sangat bermanfaat sekali. Salam kenal untuk semuanya.

    BalasHapus
  16. Mencontek yg benar ---> mencontek gaya belajar teman,
    nice tips

    BalasHapus
  17. atmosfir bersaing tanpa mencontek terakhir gue rasakan saat kelas 2 SMP. Dan, sampai sekarang sepertinya mencontek belum bisa hilang.

    BalasHapus
  18. betul sekali. setuju..
    ah mencotek trauma sekolah hehehehe..
    aku juga mencotek temnku waktu SMA hehe, lagi ujian matem. soalnya hany 5 pertanyaan yg bisa ku jawab. saya nih ga bisa matmtika sampe belajar tiap hari ga bisa.. hiks... penyelamatNYA ALLAH meski aku dapat jawaban dari temen. klo enggak aku nangis hhihhihi jawabannya pake bismillah.

    temenny gak ngasih tahu gaya belajarnya. yang rangking 1 saja dia kadang ttp gak percaya diri. klo jawabnnya ragu ttep nyontek.. ihhh//

    BalasHapus